Deklarasi Anti Korupsi Pemerintah Kota Bekasi

Pada hari senin,19 Nopember 2018, di lapangan Plaza Pemerintah Kota Bekasi, seluruh pejabat penyelenggara negara dan aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi menyatakan komitmen bersama terhadap pemberantasan korupsi, melalui seremoni Deklarasi Komitmen Anti Korupsi Pemerintah Kota Bekasi.
Acara deklarasi komitmen tersebut dipimpin oleh Wali Kota Bekasi, didampingi Wakil Wali Kota Bekasi, Pemangku jabatan dan ASN Penerintah Kota Bekasi,  serta disaksikan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi yang diwakili oleh Direktur Gratifikasi KPK, Syarief Hidayat.
Dalam sambutannya, Wali Kota Bekasi menyatakan bahwa aparatur seharusnya memiliki mindset “think out of the box” dalam pengelolaan birokrasi, yang diperkuat oleh komitmen dalam pemberantasan korupsi, sehingga dapat menciptakan birokrasi yang bersih, pelayanan yang optimal serta akuntabel.
Usai sambutan Wali Kota Bekasi, seluruh pemangku jabatan di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi membubuhkan tandatangan menyatakan komitmennya dalam upaya pemberantasan korupsi.
“Diharapkan, komitmen ini akan menjadi basis penerapan aturan internal di lingkungan pemerintah kota bekasi, diikuti oleh penguatan pengawasan”.Demikian penjelasan dari Inspektur Kota Bekasi.
“Kedepannya, pendekatan ini akan dilakukan secara komprehensif, yaitu melalui keterlibatan para pihak, dari sisi supply dan demand beserta intervensi kontrolnya.
Selain itu, untuk menampung pengaduan tersebut,  Pemerintah Kota Bekasi telah memperbanyak saluran, antara lain melalui sistem pengaduan privat whistle blower pada http://wbs.bekasikota.go.id” .

Berikut 9 komitmen anti korupsi dalam deklarasi 19 Nopember 2018:

1. Menciptakan budaya transparansi,
2. Menolak dan melaporkan gratifikasi,
3. Menolak suap,
4. Tidak melakukan pemerasan,
5. Tidak melakukan kolusi,
6. Tidak melakukan penggelapan dalam jabatan,
7. Menghindari terjadinya benturan kepentingan,
8. Tidak melakukan perbuatan melawan hukum yang dapat merugikan keuangan negara, dan
9. Melaporkan segala bentuk kecurangan yang terjadi melalui saluran pengaduan.

Author: admin