APIP Inspektorat Kota Bekasi Membudayakan Anti Gratifikasi

Dalam rangkaian kegiatan sosialisasi Anti Fraud, di sela-sela apel pagi aparatur Inspektorat Kota Bekasi, kamis 11 Oktober 2018, Unit Pengendali Gratifikasi (UPG) Kota Bekasi yang berada di bawah koordinasi Irban wilayah 4 Bidang Pencegahan dan Investigasi Inspektorat Kota Bekasi membagikan buku saku pemahaman gratifikasi serta menayangkan video anti gratifikasi yang terpasang pada monitor di lobby kantor Inspektorat Kota Bekasi.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, upaya yang dilakukan dalam rangka Program Anti Fraud salah satunya adalah sosialisasi literasi. Sudirman selaku Inspektur Pembantu  IV Bidang Pencegahan dan Investigasi mengatakan sosialisasi yang dilakukan tersebut bertujuan untuk menambah wawasan anti fraud, selain dengan cara membagikan buku saku pemahaman gratifikasi, juga dilakukan penayangan video anti gratifikasi. “Selain membagikan buku saku, kami juga memberikan pemahaman melalui tayangan video anti gratifikasi dengan menggunakan monitor pada lobby kantor, yang kedepannya akan ditayangkan pada setiap ruangan kerja kantor itko di lantai 2 dan lantai 3. Sudirman menambahkan bahwa penayangan video anti gratifikasi ini dilakukan selama jam kerja, sehingga APIP dan para tamu Inspektorat Kota Bekasi akan semakin mengenal serta dapat mencegah praktek gratifikasi.

Sudirman mengatakan dengan sosialisasi ini diharapkan selain menambah wawasan, terbentuk juga komitmen serta integritas APIP. APIP bukan hanya sebagai consulting, katalisator dan assurance (penjamin) tata kelola pemerintahan yang baik, tetapi juga dinilai dan diawasi pihak lain. “, maka sudah seharusnya APIP terlebih dahulu memiliki wawasan, komitmen serta integritas”.

Author: admin

Leave a Reply