Inspektorat Kota Bekasi Melakukan Rangkaian Pembahasan Pedoman Produk Pengawasan

Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Inspektorat Kota Bekasi dalam melakukan pembinaan dan pendampingan diharapkan dapat memberikan keyakinan bahwa Perangkat Daerah melakukan fungsi kinerja dengan tepat dan bebas dari praktik penyimpangan.
Terhadap upaya tersebut, Bidang Pencegahan dan Investigasi membuat rangkaian kegiatan penyusunan standar pengawasan. Dengan adanya pedoman dan standar tersebut, diharapkan semua langkah pengawasan yang dilakukan dapat terekam dan terevaluasi secara baik, efektif dan berkualitas.
Dalam proses penyusunannya, para auditor di Bidang bidang pencegahan dan investigasi saling memberikan tanggapan serta koreksi masukan agar pedoman yang sedang disusun ini dapat mencapai standar untuk selanjutnya digunakan dalam menjalankan fungsi dan peran bidang.
Beberapa pedoman standar yang akan kami evaluasi kembali kecukupannya antara lain pedoman konsultasi, pedoman sosialisasi, pedoman kajian, pedoman penanganan pengaduan, pedoman audit investigasi, pedoman penghitungan kerugian keuangan negara, pedoman audit klaim, serta pedoman pemberian keterangan ahli.
Cakupan secara komprehensif diciptakan dalam pedoman dimulai dari pemahaman produk pengawasan, tahapan pra perencanaan, perencanaan, pengumpulan informasi, pengujian, evaluasi, reviu berjenjang, pelaporan sampai dengan tahapan evaluasi tindak lanjut.
Dengan adanya pedoman ini, diharapkan APIP Kota Bekasi selain dapat mengembangkan kreativitas, memperdalam pemahaman teknis juga dapat meningkatkan perannya sesuai dengan standar.
Adapun Sudirman,SH selaku Inspektur Pembantu pada Bidang Pencegahan dan Investigasi menambahkan bahwa pedoman yang sedang disusun ini nantinya akan menjadi petunjuk teknis sebagian produk yang ada pada bidang Pencegahan dan Investigasi.
Keseluruhan pedoman tersebut diharapkan dapat diselesaikan sebelum akhir tahun 2018, yang dilanjutkan dengan workshop dan simulasi teknis untuk peningkatan kompetensi.
Dengan demikian, pada awal tahun 2019, Bidang Pencegahan dan Investigasi telah siap melayani melalui produk-produk pengawasan yang telah dihasilkan sesuai dengan standar dan kualitas yang dapat dipertahankan.

Author: admin