Inspektorat Kota Bekasi melaksanakan Monev RAD Program Pencegahan Pemberantasan Korupsi Ter integrasi ke Tujuh Belas (17) Perangkat Daerah.

Dalam upaya peningkatan komitmen anti korupsi bagi Pemerintah Kota Bekasi, Inspektorat Kota Bekasi melalui Bidang Pencegahan dan Investigasi mulai dari tanggal 10 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 23 Oktober 2018 melakukan monitoring Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi pada tujuh belas (17) Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi. Monitoring tersebut sekaligus evaluasi terkait Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK – RI).
Edi Waluyo selaku ketua Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) mengatakan, bahwa target saat ini pada triwulan tiga (3) atau B.09. dimana PD sudah melakukan pemetaan diawal dan rencana aksinya yg di buktikan dg data dan dokumen pendukung pada tujuh belas (17) Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi
Selanjutnya Edi mengatakan bahwa sebelumnya pada pelaksanaan Monev di triwulan dua (2) atau B.06 masih terdapat Perangkat Daerah yang realisasi targetnya belum tercapai, seperti belum lengkapnya bukti pendukung (evidence), diantaranya yaitu Dinas Kesehatan, DPMPTSP dan FPBJ oleh sebab itu Edi berharap di sepuluh (10) hari pelaksanaan Monev pada triwulan tiga (3) ini Tim dapat mengefektifkan tidak hanya melakukan pencapaian target B.09 saja akan tetapi dapat mendorong Perangkat Daerah untuk merealisasi target Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi B.06. dan untuk memperkuat pemberantasan korupsi di jajaran Pemerintah Kota Bekasi, Rencana Aksi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi ini juga berisi daftar rencana dan target capaian di berbagai sektor. Mulai dari perencanaan penganggaran keuangan, pengadaan barang dan jasa, pelayanan masyarakat, pengelolaan asset daerah dan pengawasan di berbagai Perangkat Daerah.


Adapun Sudirman selaku Inspektur Pembantu Bidang Pencegahan dan Investigasi menambahkan bahwa setelah kita melakukan monev ini dapat meminimalisir praktek korupsi di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi sebagai penegasan arahan pa inspektur, Sedangkan untuk Tim monev Inspektorat Kota Bekasi dapat aktif mendorong Perangkat Daerah sehingga Perangkat Daerah dapat merealisasi target capaiannya. “Monev yang kita lakukan ini diharap dapat meminimalisir praktek korupsi di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi serta dapat mendorong Perangkat daerah merealisasi targetnya, begitu juga monev yang dilakukan KPK persemester dua (2) kali dalam setahun ke Perangkat Daerah yang sama yang telah ditentukan bersama dengan KPK RI. Hal ini sebagai wujud komitmen Walikota Bekasi dan Wakil Walikota Bekasi dalam merealisasi target capaian rencana aksi Perangkat Daerah.

Author: admin