Talkshow Inspektorat Kota Bekasi di Radio Dakta

Inspektorat Kota Bekasi  pada hari Rabu tanggal 13 September  2017 mengadakan talkshow di Radio Dakta Jalan KH. Agus Salim No. 77 Bekasi Timur dengan nara sumber Sekretaris  Inspektorat Kota Bekasi Drs. Sudarsono, MSi  untuk membangun interaksi antara Aparatur Birokrasi dengan masyarakat. Adapun materi yang disampaikan meliputi : Kelembagaan Inspektorat Kota Bekasi, Tupoksi dan Tata Kerja, Program dan Capaian, Keberhasilan dan Prioritas serta harapan.

Inspektorat  selaku selaku Aparat Pemeriksa Internal Pemerintah (APIP) di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi dalam melaksanakan Tupoksi dan Tata Kerja mengacu pada Peraturan Walikota Nomor 10 Tahun 2017 mempunyai tugas utama untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap seluruh kegiatan dalam rangka penyelenggaraan tugas dan fungsi Perangkat Daerah yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan memberikan layanan konsultasi/masukan terhadap permasalahan yang dihadapi Perangkat Daerah (Internal Consultan).

Pada Tahun 2017 Pemerintah Kota Bekasi melalui Inspektorat telah berhasil memperoleh 3 (tiga) Penghargaan atas  Keberhasilan  yang telah dicapai :  Kapabiltas APIP Level 2  (menuju Level 3) dimana diharapkan Level 3 dapat tercapai diakhir tahun dan tahun 2018, Maturitas Penyelenggaraan SPIP Level 2 dan diharapkan pada tahun 2018 akan tercapai Level 3 serta penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah oleh BPK RI selama 2 (dua) Tahun berturut-turut di tahun 2016 dan 2017.  Semua keberhasilan diatas diperoleh atas kerjasama semua pihak dan Perangkat Daerah dibawah kepemimpinan Walikota Dr. H. Rahmat Effendi dan Wakil Walikota H. Ahmad Syaikhu.  Opini WTP menyatakan bahwa laporan keuangan disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, posisi keuangan (neraca), laporan realisasi anggaran, dan arus kas sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Hal ini juga Laporan Keuangan disajikan secara memadai, informatif dan tidak menimbulkan pemikiran yang menyesatkan.

Diakhir Talkshow  Sekretaris  Inspektorat Kota Bekasi menyampaikan  Prioritas Kegiatan Pengawasan di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi  meliputi : Pengawasan Keuangan dan Kinerja, Pemeriksaan Pengaduan masyarakat, Kegiatan Reviu, Kegiatan Evaluasi dan Kegiatan Pengawasan Lainnya.

Author: admin

Leave a Reply